Cara Memilih Foundation yang Tepat

by - November 14, 2021

Hai! Aku Liz

Mendapatkan foundation yang sesuai dengan kulit wajah, bukanlah hal yang mudah, harga foundationpun tergolong mahal jika dibandingkan dengan item makeup lainnya, jadi sangat disayangkan kalau sampai kita membeli foundation yang tidak sesuai dengan kulit wajah, tapi tenang aja, kali ini aku mau kasih tips gimana caranya memilih foundation yang tepat! 






KETAHUILAH JENIS KULIT WAJAHMU
Apakah wajah kamu termasuk yang normal, sensitif, berminyak, kering, atau kombinasi? karena setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda, sehingga berbeda juga jenis foundation yang cocok untuk kulit wajahnya.

PENTING JUGA NIH UNTUK MENGETAHUI WARNA DASAR KULIT
Warna dasar kulit umumnya dibedakan menjadi 3 macam, yaitu cool (pink), warm (kuning), dan neutral. Untuk mengetahui warna kulit dasar, kamu dapat melihat warna pembuluh darah. Jika pembuluh darah berwarna biru artinya cool, pembuluh darah berwarna hijau artinya warm, dan pembuluh darah yang warnanya tidak terlalu hijau dan tidak terlalu biru artinya neutral.

MENCOBA FOUNDATION DI KULIT WAJAH
Pada saat membeli foundation, aku menyarankan untuk tidak menggunakan makeup, agar dapat mencoba foundation langsung di wajah bukan di tangan. Oleskan foundation di bagian rahang atau leher. Mintalah bantuan beauty advisor untuk memilih warna foundation yang tepat. Memilih warna foundation merupakan hal yang penting, karena kalian tidak mau dong warna wajah berbeda dengan warna leher.

Setelah foundation diaplikasikan, diamkan dahulu selama beberapa menit, untuk mengetahui apakah warna foundation berubah atau tidak. Karena beberapa foundation setelah diaplikasikan warnanya menjadi lebih gelap atau disebut oksidasi



Sumber: https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00258859.html


Aku memiliki jenis kulit yang berminyak, aku lebih suka menggunakan foundation yang teksturnya liquid dan matte finish. Kenapa aku suka dengan tekstur foundation yang liquid? karena ringan di wajah, dan kalau aku punya beberapa jerawat dan tekstur wajah yang sedang tidak mulus, kalau aku menggunakan foundation yang teksturnya terlalu padat (creamy), rasanya kaya ngdempul wajah, kaya pakai topeng, foundationnya tidak menyatu dengan kulit, tidak nyaman. Oh ya, untuk kamu yang kulitnya kering, aku sarankan memilih foundation yang mengandung pelembap, formulanya cair, ringan, berbahan dasar air dan finishnya dewy. 

Warna dasar kulit aku, warm, jadi aku lebih memilih foundation dengan yellow undertone (kuning). Untuk warna foundation, aku lebih suka yang sama dengan warna kulit wajah aku, tapi biasanya di Indonesia, warna foundation kebanyakan untuk wajah yang putih, jadi aku biasanya dapat shade yang lebih putih atau satu tingkat dari warna asli wajah aku.

Untuk coverage, i prefer medium to full coverage, karena aku punya beberapa dark spot di wajah, jadi aku butuh coverage yang oke dan buildable. Terakhir soal harga, setiap orang berbeda-beda budgetnya, aku punya foundation dari drugstore maupun high-end product, dan foundation dari drugstore product yang aku punya banyak yang bagus-bagus tidak kalah dengan high-end product. Oke deh guys, sekian tips dari aku, terima kasih untuk yang sudah membaca, semoga bermanfaat.

Bye.

You May Also Like

0 comments